Telegram BOT NodeJS Antispam Untuk Grup

Telegram BOT NodeJS Antispam Untuk Grup, adalah pengalaman untuk kesekian kalinya dalam  mencoba belajar memiliki bot pada aplikasi telegram. Beberapa pengalaman sebelumnya tentang telegram bot, dapat diakses melalui artikel: Telegram Bot HookIOTelegram Bot rss feed & Telegram Manybot. Dimana semua bot dijalankan pada grup yang dibuat sebagai sarana diskusi dan berbagi, baik terkait blog, maupun topik keseharian umum lainnya.


Telegram BOT NodeJS Antispam Untuk Grup – Kita mulai saja ya.. untuk share cara install telegram bot menggunakan script nodejs, adalah sebagai berikut :
Duplikasi script nodejs repository milik The Devs Network
[dirmanto@telegrambot ~]$ git clone https://github.com/thedevs-network/the-guard-bot.git
Install depedencies yang akan dibutuhkan oleh bot
[dirmanto@telegrambot ~]$ npm install
Ganti nama file example.config.js menjadi config.js kemudian edit sesuai kebutuhan
Jalankan bot
[dirmanto@telegrambot ~]$ npm start
Perlu disiapkan
  • Server VPS (Virtual Private Server — pastikan di install OS Centos versi terbaru), jika belum punya, silahkan mengakses halaman rekomendasi layanan vps
  • Bot Telegram, bisa dibuat dulu secara gratis melalui @BotFather – https://telegram.me/botfather
  • Grup Telegram, jika belum punya, silahkan dibuat dulu, cara membuat grup, dapat diakses melalui halaman panduan membuat grup telegram dari awal
Setelah tiga poin diatas sudah siap, maka langkah selanjutnya adalah install NodeJS & npm pada vps, petunjuk instalasi yang mudah dipahami bisa diakses melalui halaman how to install nodejs on centos 7. Apabila diperlukan, install juga php dengan fasilitas curl, namun tidak perlu instal database, karena untuk keperluan ini kita tidak akan menggunakan database dalam format sql.
Telegram BOT NodeJS Antispam Untuk Grup.
Langkah selanjutnya adalah mulai install script bot nodejs. Pada kesempatan ini, dirmanto.web.id memilih script milik The Devs Network, karena sangat mudah dipahami untuk digunakan, juga mudah dalam proses pengeditan bahasa nantinya. Langkah instalasi bot, adalah sebagai berikut :
Tahapan install dan menjalankan bot nya cukup mudah bukan? Adapun bot yang kita jalankan ini akan memiliki fitur untuk grup, antara lain :
  • Sinkronisasi dengan semua grup dimana bot di joinkan
  • Menambahkan user lain sebagai admin bot
  • Memberi peringatan user yang melakukan spam
  • Menghapus otomatis pesan spam dari user
  • Mengeluarkan / Blokir user dari grup
  • Fasilitas Anti Bot
  • Membuat perintah baru, selain perintah admin yang sudah tersedia
  • Feedback / melaporkan user kepada admin / pemilik bot
  • Dan masih banyak lagi fitur anti spam lain, yang pada intinya, akan membuat grup telegram kita aman dari kegiatan spam oleh user lain, seperti iklan channel, iklan grup telegram lain, dan sejenisnya.
Fitur serta apa saja perintah yang dapat dimengerti oleh bot dan dijalankan sebagai eksekusi secara lengkap, dapat dilihat dengan mengakses halaman github the guard bot, Selamat mencoba.
Telegram BOT Anti Spam Untuk Grup.
Kalau kamu punya grup di telegram, dan ingin melengkapi dengan bot antispam tanpa harus melakukan proses instalasi/membuat bot seperti pada petunjuk diatas, dirmanto.web.id akan coba membantu. Silahkan join ke grup telegram kami dengan mengakses https://t.me/personalblogid, untuk menyampaikan nama grup yang dimaksud. Semoga dapat bermanfaat.

Anda punya pendapat, opini, pemilikran lain terkait artikel yang disampaikan? Silahkan berkontribusi melalui kolom komentar tersedia.

Posting Komentar (0)
Lebih baru Lebih lama