Pemahaman Keliru Tentang Mendatangkan Pengunjung Blog

Belakangan, di grup telegram Personal Blog Indonesia, sering muncul pertanyaan tentang bagaimana caranya meningkatkan pengunjung ke blog yang kita miliki. Entah pertanyaan tersebut tidak terbaca oleh member grup yang lain, ataupun jawaban terkait cara mendatangkan pengunjung blog ini memang sesuatu yang sulit untuk dituliskan dengan kata-kata :)

Tapi memang, pemahaman setiap narablog berbeda-beda terkait hal ini. Beberapa mungkin berpendapat sepele, karena trafik pengunjung tidak terlalu penting, toh hanya sekedar blog, dapat pengunjung 10 orang sehari saja sudah bahagia. Namun bagi sebagian yang lain, pengunjung merupakan sesuatu yang perlu didapat, baik melalui proses panjang, maupun secara instan. Nah, kalau anda, termasuk yang mana?

Pemahaman Keliru Tentang Mendatangkan Pengunjung Blog
Foto : Gerhad Gellinger.

Blog Visitor (Pengunjung Blog)

Adalah seseorang atau berkelompok yang berkunjung dengan cara mengakses halaman blog kita secara berkala maupun sesekali saja. Mereka bisa saja menemukan blog dari mesin pencarian, iklan, maupun diberi link secara langsung oleh pemilik blog.

Pemahaman Keliru Tentang Mendatangkan Pengunjung Blog, dari pengertian diatas, maka pokok realitanya adalah "berkunjung", ke suatu tempat, yang dalam hal ini adalah blog. Lalu apa saja yang perlu dilakukan agar pengunjung mau setiap kali online mengakses blog kita? Membuat tampilan blog semeriah mungkin? Menulis 10 artikel setiap hari?

Situasional, ada benarnya, namun juga bisa menjadi sebuah kesalahan fatal. Kenapa? Belum tentu pengunjung blog mau berkunjung ke halaman yang penuh dengan warna-warni (iklan, widget, dsb). Juga bukan tidak mungkin semua mampu menulis banyak dalam sehari, jangan-jangan, nanti kita bosan sendiri.

Jadikan Blog Seperti Kepribadian

Contoh simpel, kita tinggal disebuah kampung. Setiap hari kita tidak pernah keluar rumah, tidak ikut kegiatan bersama warga, fokus saja bersih-bersih rumah, membeli perabotan malah dan menikmatinya setiap hari. Dengan kondisi tersebut, apakah kita akan memiliki banyak teman/tetangga? Tentu saja tidak, kan?

Kurang lebih sama dengan memiliki sebuah blog. Jangan seperti puteri dalam tahanan, keseharian hanya mempercantik diri sendiri saja. Cobalah keluar sebentar, berkunjung ke situs narablog yang lain, berkomentar. Atau bergabung dengan komunitas yang sama minatnya dengan topik blog anda. Dengan demikian, selain memperbanyak teman, juga pikiran anda akan menjadi segar. Sehingga tidak hanya monoton membagikan (share) link dimana-mana, tanpa sebab serta tujuan yang pasti.

Pemahaman Keliru Tentang Mendatangkan Pengunjung Blog

Sesekali, ikut berpartisipasi dalam membantu yang lain pada sebuah komunitas/group yang anda ikuti. Paling tidak, lambat laun member lain akan semakin mengenal anda juga blog yang anda punyai. Mudah-mudahan pembahasan sederhana ini bisa membantu "meluruskan" pemahaman terkait bagaimana cara meningkatkan pengunjung blog. Semoga bermanfaat.


8 Komentar

Anda punya pendapat, opini, pemilikran lain terkait artikel yang disampaikan? Silahkan berkontribusi melalui kolom komentar tersedia.

  1. wah setuju sekali, karena dengan kita sering membantu termasuk sebagai visibility brand kita sebagai blogger. Terimakasih, sangat menginspirasi :)

    BalasHapus
    Balasan
    1. Terima kasih, Alhamdulillaah, senang jika bermanfaat :)

      Hapus
  2. Iya bener, dulu jaman masih ga tau malu terus sering bilang ke temen-temen kalau saya punya blog, visitornya melimpah ruah terus komennya juga. Sekarang gapunya temen akutu, temenan yuk 😂

    BalasHapus
  3. Benar juga. Tamsil yang mengena: bagaimana mungkin punya kawan banyak, kalau ngumpet terus di rumah. Seringkali lah ikut kegiatan warga. Sama halnya mengelola blog. Juga perlu bertandang ke blog tetangga. Terima kasih. Inspiring!

    BalasHapus
  4. hehehe menulis 1 tulisan perhari saja kadang sulit, apalagi 10 tulisan ya :D

    Dan setuju, kalau saya liat kebanyakan blogger senang berteman antara sesama blogger saja, alhasil lingkup pertemanan dan blog nya hanya dikenal di situ-situ aja :)

    BalasHapus
    Balasan
    1. Ya mungkin karena fitur dari blogspot sendiri mbak, seperti adanya friend list badge, tapi sebenarnya ya bisa keluar dari zona itu. Toh url juga sekarang bisa menggunakan domain (bukan .blogspot saja) hehe

      Hapus
Posting Komentar
Lebih baru Lebih lama